Sebenarnya varian baru Mitsubishi Pajero Sport ini telah hadir akhir tahun lalu. Namun kami baru sempat mengujinya saat ini. Kian canggihnya inovasi teknologi membuat mesin serupa bisa menghasilkan tenaga berbeda.
Itu yang terjadi pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi-Power 4x4, begitulah nama lengkapnya. Jika model di bawahnya hanya memiliki tenaga 136 dk dan torsi 314 Nm, model termewah ini sanggup menghasilkan tenaga 178 dk dan torsi 350 Nm.
Semua didapat dari unit diesel 2.477 cc 4-silinder. Teknologi common-rail Direct Injection Diesel (DI-D) berpadu dengan Variable Geometry Turbo (VGT) yang dilengkapi intercooler. Oh ya, satu lagi perbedaannya, Dakar sudah memakai transmisi otomatis 5-speed, alias menambah satu rasio gigi.
Ia hanya butuh waktu 11,53 detik untuk menuntaskan 0-100 km/jam. Jauh dari model di bawahnya yang hanya 16,2 detik. Empasan torsi maksimal di putaran 1.800-3.500 rpm semakin tampak dari akselerasi 0-60 km/jam yang hanya 4,79 detik. Burn-out roda belakang bukan perkara sulit baginya.
Akselerasi pertengahan di kisaran 60-100 km/jam juga terasa menyenangkan. Di sinilah keunggulan utama mesin diesel bertorsi besar. Meski bobotnya lebih dari 2 ton, mudah baginya melakukan overtaking 2 atau 3 mobil sekaligus.
Dakar juga memberikan Anda ruang untuk bermain dengan mode manual di transmisi yang dilengkapi paddle shift di balik setir. Tenaga dapat terkuras maksimal dan Anda bisa merasakan dorongan kuat saat shift-up. Apalagi respons perpindahan giginya cukup cepat. Seru dan menegangkan mengingat besarnya tubuh Dakar.
Aplikasi 5 rasio gigi terlihat kegunaannya ketika cruising di tol. Putaran mesin yang dibutuhkan saat berlari konstan 100 km/jam hanya 2.000 rpm. Membuatnya bergerak tenang dan nyaman. Meski begitu, ia adalah sebuah mobil penggerak 4 roda. Memang Dakar bisa memakai penggerak belakang saja. Tapi kerugian mekanis sudah terjadi di transfer case.
Makanya, konsumsi Shell Diesel Dakar hanya 11,5 km/liter untuk tol. Suka atau tidak, bobot menyumbang bertambahnya konsumsi BBM. Apalagi Dakar menggunakan ban yang cukup besar. Tak ayal, ia cukup kesulitan saat start di kemacetan jalan. Konsumsi BBM 8,8 km/liter merupakan figur terbaik saat di dalam kota.
Dakar dilengkapi sistem 4x4 bertajuk Super Select 4WD dengan 2 jenis perbandingan gigi differential. High dengan rasio 1:1,0 dan Low dengan rasio 1:1,9. Terdiri atas pilihan 2H, 4H, 4L, dan 4LLc. 4LLc memakai pengunci di differential dengan pembagian tenaga rata ke seluruh roda. Kombinasi tersebut membuatnya bisa menghadapi segala medan jalan
Dakar juga memberikan Anda ruang untuk bermain dengan mode manual di transmisi yang dilengkapi paddle shift di balik setir. Tenaga dapat terkuras maksimal dan Anda bisa merasakan dorongan kuat saat shift-up. Apalagi respons perpindahan giginya cukup cepat. Seru dan menegangkan mengingat besarnya tubuh Dakar.
Aplikasi 5 rasio gigi terlihat kegunaannya ketika cruising di tol. Putaran mesin yang dibutuhkan saat berlari konstan 100 km/jam hanya 2.000 rpm. Membuatnya bergerak tenang dan nyaman. Meski begitu, ia adalah sebuah mobil penggerak 4 roda. Memang Dakar bisa memakai penggerak belakang saja. Tapi kerugian mekanis sudah terjadi di transfer case.
Makanya, konsumsi Shell Diesel Dakar hanya 11,5 km/liter untuk tol. Suka atau tidak, bobot menyumbang bertambahnya konsumsi BBM. Apalagi Dakar menggunakan ban yang cukup besar. Tak ayal, ia cukup kesulitan saat start di kemacetan jalan. Konsumsi BBM 8,8 km/liter merupakan figur terbaik saat di dalam kota.
Dakar dilengkapi sistem 4x4 bertajuk Super Select 4WD dengan 2 jenis perbandingan gigi differential. High dengan rasio 1:1,0 dan Low dengan rasio 1:1,9. Terdiri atas pilihan 2H, 4H, 4L, dan 4LLc. 4LLc memakai pengunci di differential dengan pembagian tenaga rata ke seluruh roda. Kombinasi tersebut membuatnya bisa menghadapi segala medan jalan
Bicara pengendalian, kita harus menerima fakta bahwa potensi limbung mudah terdeteksi. Meski begitu, ia tetap fun saat diajak manuver cepat. Sinergi antara tubuh besar dan sasis tangga menciptakan kenyamanan pas. Membuai Anda yang berada di kursi tengah.
Di luar, ia telah dilengkapi lampu depan HID. Model gril dengan lubang ala sarang tawon membuatnya tampak lebih sporty. Di bumper, penggunaan foglamp menjadi pembeda dari model lebih murah. Di dalam, aplikasi jok kulit dengan rona atraktif menyegarkan pandangan. Audio dibekali Mitsubishi Power Sound Sistem dengan tambahan power berdaya maksimal 420 Watt.
Di luar, ia telah dilengkapi lampu depan HID. Model gril dengan lubang ala sarang tawon membuatnya tampak lebih sporty. Di bumper, penggunaan foglamp menjadi pembeda dari model lebih murah. Di dalam, aplikasi jok kulit dengan rona atraktif menyegarkan pandangan. Audio dibekali Mitsubishi Power Sound Sistem dengan tambahan power berdaya maksimal 420 Watt.